Senin, 18 Februari 2013

Liburan usai...Semester Baru menjemput

Tips Strategi Semangat Belajar di Semester Baru

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.......
emmm... shabat KMA yang insyaallah dirahmati oleh ALLOH subhanallah ta'ala. Tak terasa yaaa... baru beberapa hari berlibur diri... kini sudah akan menghadapi rutinitas kembali. Tapi sahabat KMA tidak perlu khawatir, untuk saat ini, saat cukup mengambil sedikit pengetahuan dari semester mendatang. Sekarang kan waktunya liburan, jadi...dimanfaatkan untuk liburan terlebih dahulu...dan kemudian barulah, TIPS ini dapat diterapkan. 

Semester ini selain semester baru juga merupakan tahun baru kita menempuh pelajaran. Oleh karenanya sebelum kita mulai hari pertama di awal smester ini, kita harus mempersiapkan diri agar lebih bersemangat belajar.
Baju baru atau perlengkapan baru ! Bolehlah,…tapi tidak harus baru untuk mengisi kegiatan belajar di smester baru. Persiapan yang lebih penting adalah SEMANGAT.

Awal kuliah haruslah diisi dengan semangat. Penentuan semangat ini adalah di awal. Jika dari awal memulai belajar dengan semangat, tentunya hari-hari kita dalam menuntut ilmu pun akan bersemangat dan lebih bersemangat untuk belajar.
Persiapan mental juga dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menghadapi semester baru. Jangan sampai menghadapi semester baru mentalnya juga drop. Harus siap menghadapi situasi gimana pun caranya. Jadikan kampus motivasi untuk lebih maju. Oleh karenanya kita harus memiliki motivasi belajar untuk memulai semester baru. Yang paling terpenting adalah memotivasi diri agar lebih sukses di semester ini, baik dalam prestasi akademik maupun non-akademik.

Yuk kita simak beberapa tips untuk membangun motivasi belajar kita di semester baru :
1.  Menetapkan Target
Buatlah target belajar yang realistis dan optimis. Target kita tidak usah muluk-muluk, yang terpenting sesuai dengan kemampuan kita dan kita senang untuk mengejar target tersebut.

2. Selalu mengingat target yang ingin kita capai
Kegiatan mengingat ini banyak caranya, misal kita tulis target yang ingin kita capai dan menempelkannya di cermin, jadi setiap kita bercermin kita akan selalu mengingat target yang ingin kita capai selama belajar di semester ini.

 3.  Bergaulah dengan teman yang selalu memotivasi kita untuk belajar
Bukan  berarti kita memilah-milah teman, sehingga kita hanya bergaul dengan yang pintar saja. Maksud di sini adalah intensitas kita dalam bergaul kita arahkan lebih condong pada teman kita yang dapat memacu kita untuk belajar.

 4.  Sediakan waktu untuk mengulang pelajaran sekolah di rumah
Sediakan waktu untuk mengulang pelajaran yang telah diajarkan misalnya dalam sela-sela istirahat atau menonton televisi walaupun dalam waktu yang singkat. Dengan demikian, kita akan terbiasa untuk belajar bagaimanapun situasinya.

5. Bukalah website atau blog yang membantu kita belajar di saat on line
Usahakanlah setidaknya kita membuka website atau blog tentang palajaran di sekolah, ini dapat membantu kita untuk belajar di saat kita bermain.

6.  Buatlah catatan berupa mad mapping (peta pikiran)
Mad mapping atau peta pikiran merupakan cara yang efektif dan menyenangkan untuk belajar. Bentuknya boleh tulisan, atau gambar yang akan mempermudah kita dalam mengingat tiap rincian pelajaran secara singkat.

 7. Carilah motivator
Disini kita boleh menjadikan siapa saja untuk jadi motivator, bisa orang tua, teman, sahabat, guru, yang jelas dia harus selalu menyemangati kita untuk belajar.

Source: ekonomikelasx.blogspot.com)
 _tina_

0 komentar: