Jumat, 19 Oktober 2012

Tips menghadapi Ujian

Ujian???

Mengapa kita harus menempuh ujian? Yuup, karena dengan adanya ujian memberikan motivasi kepada kita agar mempersiapkan diri menuju kenaikan tingkatan, sehingga akan ada tujuan hidup yang jelas, visi yang jelas dan misi yang jelas pula. Bukankah kita tidak mau stagnan di tempat yang sama? Bukankah kita ingin bergerak menuju arah kehidupan  yang lebih baik??

Motivasi agar mencapai tujuan yang lebih baik khususnya bagi kita sebagai seorang  muslim ialah tetap bersandar kepada dua sumber pegangan hidup yaitu  Al-quran dan sunnah Rosul (hadits). Banyak sekali ayat  dalam alquran yang menerangkan kiat/tips agar mencapai kesuksesan ( re: lulus ujian) diantaranya QS Al-‘Alaa ayat14-17 : “Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman) dan dia ingat nama Tuhan-Nya, lalu dia shalat, tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi, sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal”.
Nah, gimana nih dengan tips menempuh ujian  yang sebentar lagi akan kita tempuh?
Mari kita simak………….. ^_^        

     
1st  Reward

Reward disini ekivalen dengan niat. Nah loh emang bisa??? Yup, sebelum melakukan hal apapun jangan lupa untuk diiringi dengan niat yang ikhlas (ingat: Tujuan kita belajar adalah Ibadah dan tujuan ibadah adalah untuk mendapatkan ridlo Allah). Niatkan pula untuk memberikan reward alias hadiah untuk diri kita sendiri. Ketahuilah otak bawah sadar kita menyukai yang namanya hadiah. Otak bawah sadar kita pasti mencari ribuan cara untuk mendapatkannya.

2nd Man Jadda Wa Jadda

Kita Harus berusaha sekuat tenaga. "Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan mendapatkan hasilnya" Begitu kira-kira.

Jangan harap sebuah TABLET  bermerk  atau sebuah kamera SLR akan hadir dengan sendirinya jika kita hanya diam di atas kasur. ^_^

Kita harus menciptakan kesuksesan kita sendiri dengan menjadikan keberhasilan orang lain sebagai pemacu atau motivasi agar kita semangat berusaha. Tapi fokuslah pada usaha kita sendiri. Dengan tetap membantu orang lain yang membutuhkan.

Membantu orang lain ketika ujian???
Nah loh?

Eitts.. Jangan salah faham dulu, Fokus pada usaha sendiri bukan berarti mengabaikan semua orang yang minta bantuan. Dan membantu orang lain juga bukan berarti membantu memberikan contekan. ^_^

JUJUR

Jujur pada diri sendiri. Bukankah dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik? Sehingga beliau pun dijuluki dengan Al-amin yang artinya jujur.

Mari maknai kembali makna kejujuran saat ujian. Pantang Nyontek, pantang nyontekin. Karena keduanya sama jeleknya. Nyontek banyak ruginya, percayalah. Dengan mencontek bisa jadi nilai kita bagus dan  IP kita tinggi. Tapi hal itu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri kita sendiri. Otak bawah sadar kita akan merekam bahwa kita tidak mampu tanpa bantuan orang lain, jadilah KETERGANTUNGAN. Begitu juga dengan Nyontekin. Hal ini juga sedikit untungnya, bahkan ga ada. Karena nyontekin, menghilangkan berkah yang sudah kita cari payah-payah.

Ingat bahwa kita dan orang-orang yang juara (re: Sukses) diberikan waktu yang sama dalam seharinya. Betul, 24 jam. Lalu kenapa dia bisa dan aku tidak bisa? | INTROSPEKSI |

Ada lagi nih..
MAU YANG LEBIH KONKRIT??? Check it out..
  1. Gunakanlah waktu 1 minggu sebelum ujian tersebut dengan sebaik-baiknya.
  2. Kumpulkan seluruh bahan kuliahmu, baik itu diktat, makalah, catatan, kemudian susun berdasarkan jadwal ujian yang akan datang. Setelah itu cobalah untuk membacanya dan memahaminya, atau kalau perlu kamu sudah siap untuk menghapalnya dari sekarang.
  3. Jangan lupa hubungi Orang tuamu untuk mendoakan agar sukses ujian. (sesungguhnya doa mereka insyaAllah terkabulkan, apalagi ibumu)
  4. Jangan sampai ujian mengganggu aktivitas ibadah kita, karena seharusnya dengan ujian, kita malahan harus lebih termotivasi untuk terus dekat kepadaNya.
UTS dan UAS adalah musuh yang harus kita hadapi. So, siapkanlah strategi dan peralatan perangmu dari sekarang, karena sesungguhnya pesaingmu sangat banyak dalam memperebutkan NILAI TERBAIK !!!
SELAMAT MENEMPUH UJIAN ^_^

_pH 1799_

0 komentar: